Soal
Kunci
PEMBAHASAN
1
D Cukup jelas. Kalimat kunci “To celebrate the National
Education Day, the Student
Organization
will conduct two interesting programs.”
2
D Cukup jelas diuraikan di paragraf 2. Kalimat kunci “All
students are expected to
attend
and enjoy the show.”
3
A Siswa yang maju ke panggung bisa tampil untuk menyanyi,
melawak, atau main
sulap.
Kalimat kunci “They can be singers, magician, or comedians on
the stage”.
4
D Tujuan teks ini adalah mengundang orang tua siswa untuk mengunjungi
pameran
sekolah.
Kalimat kunci “SMP Rimba Jaya will have a school
exhibition. .... In
relation
to this, we would like to invite you to visit and see the students
handicrafts.”
5
A Cukup jelas. Kalimat kunci “Something special you will
get from visiting the
exhibition
is the explanation of the students bout the products.”
6
B Cuisines berarti jenis masakan (style of cooking).
7
A Cukup jelas, benda yang diiklankan adalah laptop. Laptop
termasuk portable
computer
(komputer yang mudah dibawa).
8
B Cukup jelas, kata kunci “2 GB main memory”.
9
D Pengguna produk ini akan bisa mengetik dengan MS word atau Exeell
karena di
dalam
spesifikasinya tercantum Windows 8.1 with Office.
10
C Sangat jelas diuraikan pada paragraf 1. Kalimat kunci “I am
ever so excited, but
so
sad to be leaving you. This is actually what I’ll tell you, my best
friend.” Jadi
tujuan
ditulisnya teks ini adalah untuk mengucapkan selamat tinggal.
11
B Cukup jelas diuraikan di paragraf 3. Kalimat kunci “The
kindness of your parents
makes
me feel as if I were part of your family.”
12
D Cukup jelas diuraikan di paragraf 2. Kalimat kunci “As you
always came to solve
my
problems whenever I needed, I then feel so close to you.”
13
A Bisa disimpulkan bahwa Indra masih berada di Jakarta ketika
mengirim pesan
tersebut.
Bukti kalimat “And now I have to leave you and our
country for the sake
of
my future.”
14
B Tujuan Wisnu mengirim pesan ini adalah untuk memberitahu Wakhid
agar dia,
dan
anggota groupnya menyiapkan tugas bahasa Inggris.
15
D Cukup jelas. Agenda pertemuan adalah menentukan jenis makanan yang
akan
ditulis.
Kalimat kunci “We have to decide what kind of food we will
write.”
16
D Secara tersirat, untuk meningkatkan mutu penampilan demonstrasi
tersebut
adalah
menggunakan realia. “We should also prepare the equipment needed”.
17
D Isi teks secara keseluruhan adalah deskripsi tentang The
writer’s loveable
grandfather.
18
C Pikiran utama terletak pada kalimat pertama di mana kalimat-kalimat
setelahnya
berfungsi
menjelaskan atau menguraikan kalimat pertama tersebut.
19
A Jawaban dapat disimpulkan dari kalimat-kalimat:
I
admire him for some reasons. Pada paragraf
berikutnya: First, …. dan
Second,….
20
D Jawaban ditemukan pada kalimat: But long time ago, deer did not
have any horns.
Instead,
dogs had horns.
21
A Jawaban disimpulkan dari kalimat-kalimat berikut ini :
The
male deer ran as fast as he could. He ran very fast and did not stop.
He was
trying
to steal the dog’s horns.
22
B Salah satu pesan moral dari cerita tsb adalah: Percaya begitu saja
pada orang
lain
dapat berakibat tidak baik.
23
A damaged = broken
24
C Jawaban ditemukan dalam kalimat:
I
found the door was damaged due to the carelessness of the
young female
driver.
I wanted to call the police but she forbade me.
25
A Jawaban diperoleh dengan mengidentifikasi beberapa kalimat berikut:
A
few minutes later he came to the location of the accident. My father
talked to
her.
Finally the problem settled.
26
C Jawaban diperoleh dengan mengambil kesimpulan dari rangkaian
peristiwa dari
awal
hingga akhir cerita.
27
C images = pictures
28
C Jawaban dapt ditemukan pada kalimat pertanyaan itu sendiri:
Start
with the wide end on your right.
Extend
it about 12" below the narrow end of your
necktie
29
C Cukup jelas dinyatakan dalam kalimat pertama.
30
A Topik teks dinyatakan di awal teks, yaitu di paragraf 1.
31
C Pikiran utama paragraf dua dinyatakan dengan jelas pada kalimat
topik, yaitu
kalimat
pertama.
32
C Jawaban ditemukan pada kalimat: Many kinds of geckos can walk on
walls,
windows and ceilings. They can do this because they have special toe
pads.
33
D Jawaban ditemukan pada paragraf 1 pada kalimat: People are often
happy to
have
them, because geckos eat many insects.
34
A Disebutkan dengan jelas dalam dua kalimat terakhir paragraf 2.
35
A Dinyatakan dengan jelas dalam kalimat topik My school also has a
large canteen.
36
A Pilihan jawaban B, C, dan D tidak sesuai dengan isi bacaan.
37
B Pilihan A, C, dan D tidak sesuai dengan informasi yang disajikan
dalam bacaan.
38
A Dinyatakan dengan jelas dalam kalimat "You'll have to kill
me first," said the turtle.
39
D Pilihan A, B, dan C tidak sesuai dengan alur cerita.
40
A Dinyatakan dengan jelas dalam kalimat I didn’t know anyone of
them. (Paragraf 2)
41
A Pilihan B, C, dan D merupakan gambaran yang salah tentang Putri
sesuai dengan
isi
bacaan.
42
A Pilihan jawaban lain berlawanan dengan kalimat I was still there
and ....
43
A Pilihan jawaban lain berlawanan dengan pernyataan sebelumnya it
can grow
naturally
...
44
C Hanya bunga yang memiliki bagian-bagian sepals, many petals, dan
stamens.
45
B Hanya kata float yang memiliki makna yang berlawanan dengan
kata submerge.
46
A Penanda yang paling tepat untuk menunjukkan urutan kejadian. Dua
penanda
lainnya
firstly dan finally tidak tepat karena kejadian bukan
merupakan kejadian
pada
urutan kedua dan terakhir. After tidak tepat karena kalimatnya
berbentuk
kalimat
tunggal.
47
B Kata darker yang secara kontekstual tepat untuk dibuatnya
api unggun.
48
A Pilihan kata yang lain tidak dapat berdampingan secara makna dan
konteks
dengan
a standing comedy.
49
D Urutan kata pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak benar secara
gramatika.
50
A Urutan kata pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak benar secara
gramatika dan
logika.
No comments:
Post a Comment