/** Kotak Iklan **/ .kotak_iklan {text-align: center;} .kotak_iklan img {margin: 0px 5px 5px 0px;padding: 5px;text-align: center;border: 1px solid #ddd;} .kotak_iklan img:

Sunday, May 8, 2016

Kunci Jawaban Latihan Soal UN Bahasa Inggris Kelas 9 Tahap 2

KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN

KUNCI DAN PEMBAHASAN

1. D Kalimat “...the student board will hold some interesting programs. They are the
storytelling, speech and singing contests.” menjelaskan bahwa teks itu berupa
pengumuman yang bertujuan memberi informasi pembaca tentang lomba2
(contests)untuk anak.
2. D Cukup jelas bahwa lomba (contests) yang akan diadakan oleh the student board
adalah They are the storytellingspeech and singing contests.
3. C Dari kalimat “Each class is required to send one female and one male as the
representative to join each contest.”kita dan tahu bahwa setiap kelas hanya
mengirimkan beberapa anak saja. Untuk masing-masing lomba, tiap kelas hanya
mengirimkan satu putra dan satu putri, atau several students for each class.
4. D Cukup jelas, teks undangan ini tujuannya adalah mengundang agar sekolah
mengirimkan siswa untuk mengikuti seminar. Kalimat kunci “... would like to invite
your school students to our national seminar ....”.
5. B Cukup jelas, benefit bagi siswa yang presentasi adalah “This will increase their
experience to speak in front of people.”.
6. D Kata encourage sama dengan motivate, harapannya di masa depan anak akan
berhasil. Clue: “And we hope they will gest success in the future
7. C Cukup jelas, teks ini mengiklankan tentang HATAM RESTAURANT.
8. C Jenis cuisine utama yang diiklankan adalah fine Persian cuisine, bisa dilihat di
bawah nama restoran “Fine Persian Cuisine.”
9. A Disebutkan dalam teks “Open 7 days 11.30 .... 9.30 daily.
10. D Jelas diuraikan pada paragraf 2. Kalimat kunci “That’s why; I really thank you very
much for these.” Jadi tujuan ditulisnya teks ini adalah untuk mengucapkan terima
kasih (gratitude).
11. B Yang dilakukan Hendra ketika Santi ketinggalan ID-cardnya, Hendra
meminjamkan ID-card miliknya ke Santi. Kalimat kunci “my library ID-card was
left; you lent me your ID-card even though you needed it to borrow some books for
your own project.”
12. D Cukup jelas, diuraikan pada paragraf 2. Kalimat kunci “you lent me your ID-card
even though you needed it to borrow some books for your own project. It was
really touching.
13. A Kadang-kadang Santi tidak bisa mengungkapkan perasaannya dengan mudah.
Kalimat kunci Finally I want to say that I really want to express this feeling for a
long time but I can’t.”
14. B Tujuan teks ini adalah bahwa Hendra menulis pesan ini utk memberitahu apa
yang harus dilakukan hari itu, yakni membahas materi Bab IV sebagai pengganti
materi experiment. Kalimat kunci “So, for your today’s learning activity, please
make groups of four and discuss the material on Chapter IV instead.”
15. D Cukup jelas. Kalimat kunci “We will do the experiment next week.”
16. D Hendra mengganti aktivitas di kelasnya karena dia sedang berada di Surabaya.
Kalimat kunci “However, I’m in the middle of teachers meeting in Surabaya now.
I’m going back to Bandung tomorrow. So, ....”
17. B Isi teks secara keseluruhan adalah mendeskripsikan the writer’s Daddy.
18. C Pikiran utama paragraph dua adalah Mr. Maman Perwira has some talents.
Kalimat ini dijelaskan/diuraikan pada kalimat-kalimta berikutnya.
19. D Kalimat “He takes care of his family well” menunjukkan bahwa Daddy is a good
figure in my family.
20. D Jawaban ditemukan pada kalimat He was jealous with his friend, Mr. Green Bird.
"I want to have beautiful feathers like Mr. Green Bird. His feathers are not brown
like mine.
21. A Jawaban ditemukan pada kalimat: When he went home, his wife did not recognize
him. "Honey, it's me. I'm your husband." "No, my husband is not like you! His
feathers are brown!" said Mrs. brown Bird.
22. C Paragraf terakhir menjelaskan akibat buruk dari perbuatan Mr Brown Bird dengan
ingin menjadi seperti Mr Green Bird. Dari paragraf ini bisa dipetik pelajaran.
23. C To board = Get on
24. C Jawaban ditemukan pada kalimat: I stood at the front end of the ferry and
watched the water whirl and twirl as the ferry cut through it.
25. A Jawaban ditemukan pada kalimat: My sister and I climbed up the stairs to the
upper deck. It was filled with passengers who either sat on the seats there or
loitered around the area.
26. C Jawaban diperoleh dengan menyimpulkan ungkapan penulis dari kalimat awal
hingga akhir,
27. A Appearance = look
28. C Jawaban ditemukan pada rangkaian kalimat tersebut: Make eye contact with your
audience. This helps to build trust and a relationship between the speaker and the
listeners.”
29. C Isi teks secara keseluruhan adalah tips untuk speech delivery dan disebutkan
dengan jelas pada judul teks.
30. B Pikiran utama paragraf 2 disebutkan dalam kalimat topik (kalimat pertama) dan
kalimat-kalimat berikutnya berfungfi menjelaskan kalimat tersebut.
31. C Jawaban ditemukan pada paragraf kedua.
32. C twisting and turning in mid-air = aerobatic
33. A Isi teks secara keseluruhan adalah mendeskripsikan tentang Bats.
34. D Diuraikan dengan panjang lebar di paragraf 2.
35. C Dinyatakan dengan jelas pada kalimat kedua paragraf 4.
36. D Pilihan jawaban A,B, dan C tidak sesuai dengan isi bacaan.
37. D Diuraikan dengan jelas dalam paragraf 3.
38. D Dinyatakan dalam kalimat Chi Ming was poor and worked hard every day to
collect firewood to make a living sehingga kata him merujuk pada Chi Ming.
39. A Tersirat dalam kalimat Chi Hua was so greedy that he did not want to tell the
grindstone to stop. Finally, the boat sank under the weight of the salt and Chi Hua
was drowned.
40. C Disebutkan dalam kalimat I was surprised to find out that it was not Hadi but he
was someone else wearing similar clothes.
41. A Dari kalimat I was surprised to find out that it was not Hadi but he was someone
else wearing similar clothes dan Since then my friends called me Mr. Clumsy
dapat disimpulkan bahwa penulis adalah a careless person.
42. A Pilihan B memiliki makna yang sebaliknya,sedangkan pilihan C dan D tidak
berkaitan dengan konteks bacaan.
43. B Kata depan about paling tepat menyatakan perkiraan atau sesuatu yang tidak
persis.
44. C Kata yellow dan white menunjukkan bahwa kata yang sesuai adalah kata colour.
45. D Pilihan jawaban
46. B Kata yang menunjukkan penanda urutan yang paling tepat adalah then.
47. A Alat yang paling tepat digunakan untuk mengaduk adalah spoon.
48. D Pilhan A, B, dan C tidak logis untuk menunjukkan fungsi irisan apel.
49. B Pilihan A, B, dan C tidak menunjukkan urutan kata yang gramatikal.
50. A Pilihan B, C, dan D tidak diurutkan secara logis dan benar secara gramatikal.






1 comment: